Cara Menginstal FFmpeg di Linux
3 min read

Cara Menginstal FFmpeg di Linux

Cara Menginstal FFmpeg di Linux

FFmpeg adalah salah satu kerangka kerja multimedia terbaik yang berisi berbagai alat untuk tugas yang berbeda. Misalnya, ffplay adalah pemutar media portabel yang dapat digunakan untuk memutar file audio/video, ffmpeg dapat mengkonversi antara format file yang berbeda, ffserver dapat digunakan untuk streaming siaran langsung dan ffprobe mampu menganalisis aliran multimedia.

Kerangka kerja ini sangat kuat karena keragaman alat yang tersedia, yang memberikan solusi teknis terbaik bagi pengguna. Menurut deskripsi FFmpeg di situs web resmi, alasan memiliki kerangka kerja multimedia yang hebat adalah kombinasi dari opsi perangkat lunak gratis terbaik yang tersedia.

Kerangka kerja FFmpeg menawarkan keamanan tinggi dan alasannya adalah keseriusan pengembang ketika mereka meninjau kode, selalu dilakukan dengan mempertimbangkan keamanan.

Saya sangat yakin Anda akan menemukan kerangka kerja ini sangat berguna ketika Anda ingin melakukan streaming atau perekaman audio dan video digital. Ada banyak hal praktis lain yang dapat Anda lakukan dengan bantuan kerangka kerja FFmpeg seperti mengonversi file wav Anda menjadi file mp3, menyandikan dan mendekode video Anda, atau bahkan menskalakannya.

Menurut situs web resmi, FFmpeg dapat melakukan hal berikut.

  1. decode multimedia files
  2. encode multimedia files
  3. transcode multimedia files
  4. mux multimedia files
  5. demux multimedia files
  6. stream multimedia files
  7. filter multimedia files
  8. play multimedia files

Mari saya ambil contoh, yang sangat sederhana. Perintah berikut akan mengonversi file mp4 Anda menjadi file avi, sesederhana itu.

Perintah di atas hanya berguna untuk penjelasan, tidak disarankan untuk digunakan dalam praktik karena codec, bitrate, dan spesifikasi lainnya tidak dideklarasikan.

Di bagian selanjutnya, kita akan berlatih dengan beberapa alat kerangka kerja multimedia FFmpeg, tetapi sebelum melakukannya kita harus menginstalnya di kotak Linux kita.

Cara Menginstal FFmpeg Multimedia Framework di Linux

Karena paket FFmpeg ditawarkan untuk distribusi Linux yang paling banyak digunakan dan instalasinya akan relatif mudah. Mari kita mulai dengan instalasi kerangka kerja FFmpeg di distribusi berbasis Ubuntu.

Instal FFmpeg di Ubuntu dan Linux Mint

Saya akan menginstal FFmpeg dari repositori default. Buka terminal baru (CTRL+ALT+T) lalu jalankan perintah berikut.

Instal FFmpeg di Debian

Paket FFmpeg disertakan dalam repositori resmi Debian dan dapat diinstal menggunakan manajer paket seperti yang ditunjukkan.

Instal FFmpeg di CentOS dan RHEL

Untuk menginstal FFmpeg pada distribusi CentOS dan RHEL, Anda perlu mengaktifkan repositori EPEL dan RPM Fusion pada sistem menggunakan perintah berikut.

Untuk menginstal dan mengaktifkan EPEL, gunakan perintah berikut.

Untuk menginstal dan mengaktifkan RPM Fusion, gunakan perintah berikut pada versi distribusi Anda.

Setelah mengaktifkan repositori, jalankan perintah berikut untuk menginstal FFmpeg:

Instal FFmpeg di Fedora

Di Fedora, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan RPM Fusion untuk menginstal FFmpeg seperti yang ditunjukkan.

Instal FFmpeg di Arch Linux

Instal FFmpeg di openSUSE

Kompilasi FFmpeg dari Sourcecode

Mengkompilasi perangkat lunak dari sumber bukanlah hal termudah di dunia, tetapi dengan instruksi yang tepat, kita akan dapat melakukannya. Pertama, pastikan sistem Anda memenuhi semua dependensi. Instalasi dependensi ini dapat dilakukan dengan bantuan perintah berikut.

Pertama, beri tahu sistem untuk menarik paket terbaru.

Instal dependensi dengan perintah berikut.

Kemudian gunakan perintah berikut untuk membuat direktori baru untuk sumber FFmpeg. Ini adalah direktori tempat file sumber akan diunduh.

Sekarang kompilasi dan instal assembler yasm yang digunakan oleh FFmpeg dengan menjalankan perintah berikut.

Setelah Anda berhasil menginstal assembler yasm sekarang saatnya untuk menginstal beberapa encoder yang akan digunakan dengan alat FFmpeg tertentu. Gunakan perintah berikut untuk menginstal encoder video H.264.

Encoder berguna lainnya yang bagus adalah encoder audio libfdk-aac AAC.

Instal dekoder dan encoder audio libopus.

Sekarang, saatnya menginstal ffmpeg dari sumbernya.

Note: Jika Anda belum menginstal encoder tertentu, pastikan untuk menghapus ‘–enable-encoder_name‘ dari perintah ‘./configure‘ di atas sehingga instalasi selesai tanpa masalah.

Kesimpulan

Di bagian pertama ini, kami memperbarui pembaca kami dengan berita terbaru sesuai dengan kerangka kerja multimedia FFmpeg dan menunjukkan kepada mereka cara menginstalnya di mesin Linux mereka. Bagian selanjutnya akan sepenuhnya mempelajari cara menggunakan alat luar biasa di dalam kerangka kerja multimedia terkemuka ini., Demikianlah Cara Menginstal FFmpeg di Linux